-->

Preposition (Kata Depan) - Study Club English


Preposition (Kata Depan) - Study Club English
PREPOSITION (KATA DEPAN) - Kata depan (preposition) yaitu suatu kata yang dipergunakan untuk menghubungkan atu pertalian antara kayta benda yang satu dengna kata benda yang lain, atau pertalian dengan kata benda yang lainnya dalam kalimat.

Contoh pemakaian kata depan dalam kalimat:

1. TO = KE-PADA-SAMPAI-DEKAT-UNTUK-LAWAN
- I want go to meet my friend (Aku mau pergi menemui kawanku)
- We go to the zoo (Kami pergi ke kebun binatang)
- I show Anne to the door (Aku mengantar Anne sampai didepan pintu)
- He study together to them (Dia belajar bersama dengan mereka)

2. AT = DI, KE, DENGAN, APA
Untuk menunjukkan tempat atau waktu yang ditentukan
- My house is at Darmo kali No. 23 L (Rumahku di Darmo kali No. 23 L)
- I shall come at seven o’clock (Aku akan datang pada jam tujuh)
- He bought it at a high price (Dia membeli ini dengan harga mahal)

3. IN = DI DALAM, PADA
Dipergunakan untuk menunjukkan tempat, waktu yang tertentu
- They are in the classroom (Mereka ada di ruang kelas)
- She cook in the kitchen (Dia memasak di dapur)
- I shall go in March 1992 (Aku akan pergi pada bulan Maret 1992)
- Can you come in time? (Dapatkah kau datang tepat pada waktunya?)

4. ON = DI ATAS, PADA
- My book is on the table (Bukuku di atas meja)
- I shall arrive on Sunday (Aku akan tiba pada hari minggu)

5. OF = DARI, TENTANG, MENGENAI, MENUNJUKKAN NAMA
- The leg of the table (Kaki dari meja)
- I am glad of my work (Aku senang tiba pada hari minggu)

6. UP = DI ATAS, KE ATAS
- We go to walk uo the hill (Kami pergi mendaki bukit itu)
- I bring the basket up train (Aku membawa keranjang naik ke kereta api)
- The bird files up the roof (Burung itu terbang di atas atap)

7. BY = OLEH, DEKAT, DENGAN, DEMI
- My bread was eaten by him (Rotiku dimakan oleh dia)
- I go there by bus (Aku pergi kesana dengan bus)
- Step by step (Selangkah demi selangkah)

8. FOR = UNTUK, SELAMA, KARENA, ETC
- I have work here for five years (Saya bekerja disini sudah selama lima tahun)
- He was not called for sick (Dia tidak dipanggil karena sakit)

9. OFF = KELUAR, LEPAS
- The plane will take of (Pesawat terbang akan lepas landas)
- I am work off now and tomorrow I shall work again (Aku bebas bekerja sekarang dan besok akau akan bekerja lagi)

10. FROM = DARI
- I got the letter from my friend (Aku mendapat surat ini dari kawanku)
- Where do you come from (Anda datang dari mana)
- Yudi is from Jakarta (Yudi dari Jakarta)

11. WITH = DENGAN, PADA , BERSAMA
- I go with him there (Aku pergi dengan dia kesana)
- He hates with me (Dia tidak suka pada saya)
- She did it with them (Dia mengerjakan ini bersama mereka)

12. PAST = LEWAT
- I walk past his school (Aku berjalan lewat sekolahannya)
- The time is past five o’clock (Waktu telah lewat jam lima)

13. INTO = KE DALAM
- I come into the house (Aku masuk ke dalam rumah itu)
- They run into teh bush (Mereka berlari ke dalam semak belukar)

14. UNER = DI BAWAH
- I stand under the tree (Aku berdiri di bawah pohon)
- He sleep under the car (Dia tidur di bawah mobil)

0 Response to "Preposition (Kata Depan) - Study Club English"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel