-->

COMPLETE ENGLISH GRAMMAR : Auxiliary Verb Part 2 (Kata Kerja Bantu Bagian 2)

Verb


4. DO ( ADALAH )

Contoh kalimat :

1. (+) : In go to school (Saya pergi ke sekolah)
    (- ) : I do not go to school (Saya tidak pergi ke sekolah)
    (?) : Do I go to school ? (Apakah saya pergi ke sekolah?)

2. (+) : We read the book (Kami membaca buku)
    (- ) : We do not read the book (Kami tidak membaca buku)
    (?) : Do we read the book? (Apakah kami membaca buku?)

3. (+) : You take my book (Kamu mengambil buku saya)
    (- ) : You do not take my book (Kamu tidak mengambil buku saya)
    (?) : Do you take my book? (Apakah kamu mengambil buku saya?)

5. DOES ( ADALAH )

Contoh kalimat :

1. (+) : She cuts the flower (Dia memotong bunga)
    (- ) : She does not cuts the flower (Dia tidak memotong bunga)
    (?) : Does she cut the flower? (Apakah dia memotong bunga?)

2. (+) : He plays in the yard (Dia bermain di halaman)
    (- ) : He does not play in the yard (Dia tidak bermain di halaman)
    (?) : Does he play in the yard? (Apakah dia bermain di halaman?)

3. (+) : It barks at you (Itu menggonggongi kamu)
    (- ) : It does not bark at you (Itu tidak menggonggongi kamu)
    (?) : Does it bark at you? (Apakah itu menggonggongi kamu?)

NOTE :

DO dan DOES dapat berfungsi sebagai :
a, DO - DOES sebagai VERB (Kata kerja penuh)
b. DO - DOES sebagai AUXILIARY (Kata kerja)

A. DO - DOES sebagai VERB

Contoh kalimat :

1. I do my home work everyday. (Saya mengerjakan pekerjaan rumah saya setiap hari)
2. They do something for their family. (Mereka mengerjakan sesuatu untuk keluarga mereka)
3. You do what i ask you (Kamu mengerjakan apa yang saya minta)

B. DO - DOES sebagai AUXILIARY VERB

DO dipakai untuk subject : I, WE, THEY dan YOU
DOES dipakai untuk subject : HE, SHE dan IT

Fungsi DO-DOES untuk kata kerja bantu ialah :
Untuk membantu pembentukan kalimat pada kalimat yang telah terdapat kata kerja bila kalimat dalam bentuk :
a. NEGATIVE SENTENCE (Kalimat menidakkan)
b. INTERROGATIVE SENTENCE (Kalimat menyangkal)
c. NEGATIVE INTERROGATIVE SENTENCE (Kalimat menyangkal menidakkan)

Contoh :

1. He buys a book today (Dia membeli buku hari ini)
   a. He does not buy a book today (Dia tidak membeli buku hari ini)
   b. Does he buy a book today? (Apakah dia membeli buku hari ini?)
   c. Doesn't he buy a book today? (Bukankah dia membeli buku hari ini?)


5. HAVE / HAS

HAVE / HAS : Sebagai kata kerja penuh artinya MEMPUNYAI
HAVE / HAS : Sebagai kata bantu (AUXILIARY) mempunyai arti SUDAH, pada kalimat biasa (Affrimative). BELUM pada kalimat menyangkal (Negative). SUDAHKAH pada kalimat bertanya (Interrogative). BUKANKAH, SUDAH pada kalimat bertanya menyangkal (Negative-Interrogative).

HAVE ( MEMPUNYAI )

Contoh kalimat :

1. (+) : I have much money (Saya mempunyai banyak uang)
    (- ) : I have not much money (Saya tidak mempunyai banyak uang)
    (? ) : Have I much money? (Apakah saya mempunyai banyak uang?)

2. (+) : We have a new teacher (Kami mempunyai guru baru)
    (- ) : We have not a new teacher (Kami tidak mempunyai guru baru)
    (?) : Have we a new teacher? (Apakah kami mempunyai guru baru?)

HAS ( MEMPUNYAI )

Contoh kalimat :

1. (+) : He has a new book (Dia mempunyai buku baru)
    (- ) : He has not a new book (Dia tidak mempunyai buku baru)
    (?) : Has he a new book? (Apakah dia mempunyai buku baru?)

2. (+) : It has a long tail (Dia mempunyai ekor panjang)
    (- ) : It has not a long tail (Dia tidak mempunyai ekor panjang)
    (?) : Has it a long tail? (Apakah dia mempunyai ekor panjang?)

HAVE / HAS : dipergunakan pada kalimat bentuk tenses Past Perfect Tense
HAVE : dipergunakan pada subject : I, W, THEY, YOU atau bilangan jamak
HAS : dipergunakan pada subject  : HE, SHE, IT atau bilangan satu (tunggal) yaitu orang ketiga tunggal

HAVE / HAS SEBAGAI KATA KERJA PENUH (VERB)

Contoh :

1. I have a cycle (Aku mempunyai sebuah sepeda)
2. She has a good flower (Dia mempunyai sekuntum bunga yang indah)
3. (+) : You have a new dictionary (Kau mempunyai sebuah kamus baru)
    (- ) : You have not a new dictionary (Kau tidak mempunyai sebuah kamus baru)
    (?) : Have you a new dictionary? (Apakah kau mempunyai sebuah kamus baru?)
    (-?) : Have you not a new dictionary? (Bukankah kau mempunyai sebuah kamus baru?)

BOLEH JUGA BENTUKNYA SEPERTI DIBAWAH INI

(+) : You have a new dictionary (Kau mempunyai sebuah kamus baru)
(- ) : Have you not a new dictionary (Bukankah kau mempunyai sebuah kamus baru)
(?) : Do you have a new dictionary? (Apakah kau mempunyai sebuah kamus baru?)
(-?) : Do you not have a new dictionary? (Bukankah kau mempunyai sebuah kamus baru?)

HAVE / HAS SEBAGAI KATA BANTU (AUXILIARY)

Contoh :

(+) : They have met me (Mereka sudah menemui saya)
(- ) : They have not met me (Mereka belum menemui saya)
(?) : Have they met me? (Apakah mereka menemui saya?)
(-?) : Have they not met me? (Bukankah mereka sudaah menemui saya?)

0 Response to "COMPLETE ENGLISH GRAMMAR : Auxiliary Verb Part 2 (Kata Kerja Bantu Bagian 2)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel