-->

COMPLETE ENGLISH GRAMMAR : Verb (Kata Kerja)

VERB
( Kata Kerja)

Verb (Kata Kerja)


VERB ( Kata Kerja )

Merupakan Suatu kata yang menunjukkan nama, perbuatan, tindakan, kegiatan, atau apa yang dilakukan dan dapat juga menyatakan bentuk atau wujud (state of being)

Macam - macam kata kerja (Verb)

- Auxiliary
- Transitive
- Intransitive
- Regular
- Irregular
- Strong
- Weak
- Mixed
- Complete Predication
- Incomplate Predication
- Facititive
- Compulative
- Dejective
- Special Verb
- Verb Active In From But Passive In Sense
- Verb With Out Complement
- Verb Having Two Object
- Transitive Used Transitively
- Intransitive Used Transitively
- Noun Used As Verb
- Finite

I. AUXILIARY VERB
(Kata Kerja Bantu)


AUXILIARY VERB
- Kata kerja bantu ialah bahagian dari kata kerja (verb)
- Di dalam Bahasa Inggris kata kerja bantu jumlahnya ada sebanyak 10 (dua belas) yaitu :
1. AM (TO BE) : adalah
2. IS (TO BE) : adalah
3. ARE (TO BE) : adalah
4. DO / DOES : dapat
5. HAVE / HAS : mempunyai / sudah / telah
6. SHALL : akan
7. WILL : akan
8. CAN : dapat (sanggup)
9. MAY : boleh
10. MUST : mesti (harus)

TO BE ( AM, IS, ARE )

TO BE ( Am, Is, Are ) mempunyai arti :
- Ada adalah kadang - kadang dan sering tidak diartikan

KEGUNAANNYA :

1. Membantu pembentukan kalimat bila kalimat tersebut tidak terdapat kata kerja atau setelah pokok kalimat (subject) datang langsung kata benda (noun) atau kata sifat (adjective) maupun kata keterangan lainnya.
2. Membantu pembentukan kalimat menyangkal (negative sentence)
3. Membantu pembentukan kalimat bertanya (interrogative sentence)
4. Membantu pembentukan kalimat bertanya menyangkal (negative interrogative sentence)
5. Membantu pembentukan kalimat yang memakai kata tanya (question wh) seperti "Who, What, Whose, Which, Where dan How"
6. Yang dimaksud dengan kalimat diatas no. 1 sampai no. 5 adalah kalimat nominal (kalimat yang predikatnya bukan kata kerja)

TO BE ( AM = ADALAH )

Contoh kalimat :

1. ( + ) : I am a boy (Saya adalah laki-laki)
    ( - )  : I am not a boy (Saya bukan laki-laki)
    ( ? )  : Am I a boy? (Apakah saya laki-laki?)

2. ( + ) : I am a student of SMA (Saya adalah murid SMA)
    ( - )  : I am not a student of SMA (Saya bukan murid SMA)
    ( ? ) : Am I a student of SMA? (Apakah saya murid SMA?) 

3. ( + ) : I am your brother (Saya adalah abang kamu)
    ( - )  : I am not your brother (Saya bukan abang kamu)
    ( ? ) : Am I your brother (Apakah saya abang kamu?)

TO BE ( IS = ADALAH )

Contoh kalimat :

1. ( + ) : She is my sister (Dia adalah adik perempuan saya)
    ( - )  : She is not my sister (Dia bukan adik perempuan saya)
    ( ? )  : Is she my sister? (Apakah dia adik perempuan saya)

2. ( + ) : It is their book (Itu adalah buku mereka)
    ( - )  : It is not their book (Itu bukan buku mereka)
    ( ? ) : Is it their book? (Apakah itu buku mereka?)

TO BE ( ARE = ADALAH )

Contoh kalimat :

1. ( + ) : We are the farmers (Kita adalah petani)
    ( - )  : We are not the farmers (Kita bukan petani)
    ( ? ) : Are we the farmers? (Apakah kita petani?)

2. ( + ) : You are a film actor (Kamu adalah aktor film)
    ( - )  : You are not a film actor (Kamu bukan aktor film)
    ( ? ) : Are you a fim actor? (Apakah kamu aktor film?)

0 Response to "COMPLETE ENGLISH GRAMMAR : Verb (Kata Kerja)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel