-->

Relative Pronoun (Kata Ganti Penghubung) "WHICH WHOSE and WHAT" - Study Club English


Relative Pronoun

RELATIVE PRONOUN ‘WHICH’

Relative pronoun WHICH :
- Kata ganti penghubung atau pendiri artinya ‘YANG’
- Dipergunakan untuk binatang dan benda mati sebagai pokok (subject) dan penderita (object)
- Peraturannya sama dengan pemakaian ‘WHO dan WHOM’ sebagai object atau penderita

Contoh kalimat :

- Relative pronoun ‘WHICH’ sebagai SUBJECT

1. AFF        Karim beats the dog – It is barking at him (Karim memukul anjing itu – Itu menggonggonginya)
    REP        Karim beats the dog which is barking at him (Karim memukul anjing yang menggonggonginya)
2. AFF        I found the book – It belonged to me (Saya menemukan buku - Itu kepunyaan saya)
    REP        I found the book which belonged to me (Saya menemukan buku yang kepunyaan saya)

- Relative pronoun WHICH sebagai penderita atau object harus diiringi kata benda pokok

1. AFF        She found the umbrella – I had lost it yesterday (Dia menemukan payung – Saya menemukan payung – Saya telah menghilangkannya kemarin)
    REP       She found the umbrella which I had lost yesterday (Dia menemukan payung yang saya telah menghilangkan kemarin)
2. AFF        We met the dog – Karim beat it yesterday (Kami bertemu anjing – Karim memukulnya kemarin)
    REP        We met the dog which  Karim beat yesterday (Kami bertemu anjing yang Karim memukulnya kemarin)
3. AFF        The pen was lost – You gave it to me (Pulpen itu hilang – Kamu memberinya kepada saya)
    REP        The pen which you gave to me was lost (Pulpen yang kamu berikan kepada saya hilang)


RELATIVE PRONOUN ‘WHOSE’

Relative pronoun WHOSE :
- Kata ganti pendukung atau pendiri yang artinya ‘YANG’
- Dipergunakan untuk manusia dan benda hidup kepunyaan (pemilikan)

Contoh kalimat :
1. AFF        I saw the lady – Her bag was left on the seat (Saya melihat anak gadis – Tasnya tertinggal di bangku)
    REP        I saw the lady whose bag was left on the seat (Saya melihat anak gadis yang tasnya tertinggal dibangku)
2. AFF        This is the tree – Its leave have falken of (Ini sebuah pohon – Daun-daunnya telah berjatuhan) 
    REP        This is the free whose leaves have falken of (Ini pohon yang daun-daunnya telah berjatuhan)
3. AFF        He is a farmer – His house was burnt down (Dia adalah seorang petani – Rumahnya habis terbakar)
    REP        He is a farmer whose house was burnt down (Dia adalah seorang petani yang rumahnya habis terbakar)


RELATIVE PRONOUN ‘WHAT’

Relative pronoun ‘WHAT’ :
- Kata ganti penghubung (pendiri) artinya ‘YANG’
- Dipergunakan untuk menggabungkan dua kalimat yang tidak mempunyai antecedent (bagian kalimat)

Contoh kalimat yang tidak ada antecedentnya :

1. That is what he saw in the town  yesterday (Itu adalah yang dia lihat di kota itu kemarin)
2. Will must give what I ask you (Maukah kamu untuk memberikan yang saya minta kepada kamu)
3. I shall give what you ask me (Saya akan memberi yang kamu minta kepada saya)

Tetapi apabila diciptakan antecedentnya maka ‘WHAT’ tersebut harus ditukar dengan relative pronounyang sesuai dengan antecedentnya

Contoh kalimat yang ada antecedentnya :

1. That is the man whom he saw in the town (Itu adalah orang yang dia lihat dikota itu)
2. Will you give the information which I ask (Maukah kamu memberikan informasi yang saya minta)
3. I shall give the book which you ask (Saya akan memberikan buku yang kamu minta)
4. You must give him the magazine which he likes (Kamu harus memberikan majalah yang dia sukai)
5. You can buy a good book which you likes with that money (Kamu dapat membeli sebuah buku bagus yang kamu sukai dengan uang itu)

0 Response to "Relative Pronoun (Kata Ganti Penghubung) "WHICH WHOSE and WHAT" - Study Club English"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel